Mengatasi demam pada anak balita secara alami

Advertisement
Image Source : hadisatari.com
Selamat datang, Mungkin saat ini anda sedang bingung karena anak semata wayang sekaligus anak pertama hasil pernikahan bahagia anda. Saat anak demam tentu kita akan panik dan bingung dengan langkah yang harus kita ambil, Kalau suhu tubuhnya masih tidak terlalu tinggi sebaiknya di atasi dengan cara alami dulu. Kenapa ? Alasannya ya karena anak sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan karena sebagian memiliki efek samping buat anak, Efek samping yang mungkin timbul yaitu penyakit yang sering dikaitkan dengan Asma misalnya dengan penggunaal Paracetamol pada andak. Paracetamol adalah bahan dasar untuk menurunkan demam, Demam biasanya disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada salah satu organ tubuh kita. Bahan dasar penurun demam yang lain adalah Ibuprofen yang menurut medis sangat berpengaruh terhadap fungsi ginjal dan dapat mengakibatkan sakit Maag.

Apa langkah yang harus di ambil saat anak mengalami demam ?

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan agar anak sehat kembali dan dapat bermain bersama teman-teman mereka seperti biasanya, " Ini hanya tips bagi anak yang mengalami demam biasa dengan suhu tubuh tidak terlalu tinggi"Dan andapun dapat tersenyum kembali. Namun apabila suhu tubuh sudah sangat tinggi sebaiknya segera dibawa ke dokter, Karena kalau demam sudah terlalu tinggi dapat mengakibatkan kejang-kejang pada anak yang sering disebut dengan istilah Step. Berikut beberapa tips alami yang disarankan untuk anda saat anak mengalami demam :

1. Mandi dengan air hangat

Memandikan bayi dengan air dingin saat mengalami demam justru akan membuat anak menjadi menggigil dan mengalami demam tinggi, Memandikan anak yang demam dengan air ruam-ruam kuku atau air hangat akan dapat meredakan demam pada anak. Tambahkan garam mandi atau semacam Essential oil, Apabila tidak memungkinkan sebaiknya hanya lakukan pengelapan pada tubuh dengan air hangat tersebut menggunakan handuk lembut.

2. Kompreslah pada dahi

Belilah alat kompres yang tersedia banyak di apotik, Sebaiknya beli alat kompres ini sebelum anak mengalami sakit sebagai persiapan ibu siaga. Cara ini adalah cara paling umum yang dilakukan sejak jaman dahulu karena dipercaya dapat menurunkan suhu panas pada anak. Kompeslah dengan kompresan dingin karena dapat menurunkan suhu di kepala.

3. Pijat dengan Peppermint Oil

Menthol yang ada dalam Peppermint Oil dapat melancarkan hidung yang tersumbat, Sinusitis serta gejala demam lainnya, Peppermint oil sangat bermanfaat untuk meredakan demam pada anak. Lakukan pijatan lebut pada bagian dada dan punggung anak anda, Peppermint oil akan menurunkan tempratur kulit si anak yang masih hangat.

4. Pijatan lembut menggunakan bahan herbal

Minyak kayu putih anda campurkan dengan beberapa biji bawang merah dan perasan jeruk nipis, Gabungkan remasan ketiga bahan ini menjadi satu kemudian usapkan pada bagian perut, Dada dan pada bagian punggung anak anda.

5. Banyak minum air

Demam juga sering diakibatkan terjadinya dehidrasi karena kekurangan cairan, Berikanlah makanan yang banyak mengandung kuah seperti sayuran hijau. Berikan juga teh herbal seperti teh jahe yang ditambahkan dengan madu.

6. Berikan istirahat yang cukup

Saat mengalami demam sebaiknya ketika anak dapat beristirahat, Maka buatlah suasana setenang mungkin agar anak tidak terganggu sehingga dapat beristirahat secara cukup dan dapat pulih dengan cepat, Berikan juga makanan yang bergisi saat mengalami sakit ataupun sebelum sakit agar kondisi tubuh anak tetap fit dan terjaga dari segala macam bakteri jahat yang dapat menyerang kekebalan tubuh si anak.

Itulah beberapa tips mengatasi demam pada anak balita secara alami, Semoga dapat bermanfaat bagi para ibu yang sedang kebingungan mengatasi masalah ini sejak dini sebelum suhu tubuh anak menjadi semakin tinggi. Karena mencegah memang lebih baik dari mengobati, Artikel tentang Mengatasi demam pada anak balita secara alami kami cukupkan sampai disini saja, Sampai berjumpa lagi pada artikel-artikel kami berikutnya. Untuk mendapatkan artikel-artikel kami secara gratis anda dapat berlangganan memalui e-mail agar anda selalu mendapatkan informasi terbaru dari Blogtersukses, Yang dapat anda akses pada sisi sidebar blog ini.
Advertisement

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Trimakasih telah berkunjung, Dimohon untuk tidak berkomentar yang bersifat : Mencela, Mencaci, Memfitnah dan Teror. dan menyertakan link hidup untuk promosi. Silahkan baca Disclaimer dan Privacy Policy dari Blogtersukses secara seksama agar komentar anda dapat muncul di blog kami.