7 Tips agar tetap segar dan bugar selama berpuasa

Advertisement
Image Source : thehiratra.blogspot.com
7 Tips agar tetap segar dan bugar selama berpuasa adalah judul artikel kami kali ini, Selamat datang bulan suci ramadhan yang kita sama-sama mulai Tgl. 29 Juni 2014 serempak di seluruh penjuru dunia bagi umat muslim, Bulan ramadahan adalah bulan suci yang bisa kita nikmati sekali dalam setiap tahunnya. Bulan ini adalah bulan dimana kita berlomba-lomba untuk berbuat kebajikan untuk mendapatkan hasil puasa yang maksimal. Menghindari segala macam keburukan dan sifat tercela yang biasa kita lakukan, Sebenarnya berbuat kebajikan itu kita harus lakukan bukan hanya di bulan ini saja. Namun setiap hari dan setiap saat bahkan hingga hembusan nafas terakhir, Namun mengingat bulan ini para setan terbelenggu sehingga godaan yang datangpun ikut berkurang seperti pada bulan-bulan yang lainnya.

Saat bulan ini tiba, Pintu surga telah dibuka dan ditutupnya pintu neraka. Sangat rugi bila kita tidak menjalankan puasa yang masih bisa kita rasakan saat ini, Karena belum tentu tahun berikutnya kita masih memiliki kesempatan yang sama seperti sekarang ini. Maka mari sama-sama kita berusaha semaksimal mungkin agar puasa kita kali ini menjadi puasa yang terbaik dari puasa-puasa kita sebelumnya. Dalam menjalankan puasa agar dapat dilakukan secara maksimal dan dapat menyelesaikan puasa hingga Tanggal terakhir tentu kita juga haruslah selalu dalam keadaan sehat, Dengan begitu puasa kita akan menjadi puasa yang memiliki nilai lebih dari bulan puasa di tahun-tahun sebelumnya. Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda yang beragama muslim agar dalam berpuasa anda selalu dalam keadaan Sehat, Segar dan bugar dari waktu imsak hingga kumandang azan magrib berkumandang :

1. Awali berbuka dengan kurma, Air minum dan makanan ringan

Ketika anda sedang berbuka sebaiknya diawali dengan Kurma ( Yang manis-manis ) sebagaimana sunah Rasul, Saat berpuasa seharian tentu anda akan terasa lelah dan letih " Nah dengan mengkonsumsi buah Kurma metabolisme tubuh dan kadar gula darah dalam tubuh kita dipercaya dapat pulih dengan buah Kurma ini. Ditambah dengan meminum air putih agar cairan dalam tubuh kita kembali lagi, Dan tentu dengan memakan sedikit makanan. Nanti beberapa saat kemudian barulah anda melakukan makan malam seperti biasanya dengan porsi yang tidak berlebihan pula.

2. Melanjutkan hidangan makan setelah berbuka dengan Kurma, Air dan makanan ringan

Anda dapat melanjutkan makan setelah sempat membuka puasa anda dengan beberapa butir buah Kurma, Air minum dan makanan ringan yang telah anda santap sebelumnya. Setelah ibadah sholat magrib kini saatnya anda untuk melanjutkan makanan berbuka. Untuk hidangan makan ini sebaiknya anda memilih makanan yang kaya gizi dan serat serta dilengkapi dengan buah buahan dan susu bila perlu. Namun ingat jangan makan berlebihan, Karena dengan memakan makanan yang berlebihan anda justru tidak akan memiliki tenaga dan biasanya kalau sudah seperti itu, Alamat tidak mengikuti sholat tarawih berjamaah he..he..he... " makanya sob jangan makan sampai kenyang, Yang sewajarnya saja "

3. Jangan berbuka dengan minuman yang dingin-dingin

Minuman dingin biasanya merupakan hidangan berbuka yang paling digemari oleh 90 % umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, Namun minuman dingin ini sebenarnya tidak baik bagi pencernaan anda saat berpuasa. Kenapa ? Setelah seharian tidak diisi oleh makanan baik berupa cairan maupun makanan padat tentu pencernaan kita masih dalam kondisi lemah, Apabila memberikan sesuatu yang bersifat dingin tentu organ tubuh dalam perut kita tidak dapat menerima secara baik. Maka sebaiknya meminum minuman yang hangat dan tentunya tidak berlebihan. Dengan menjalankan ini kita akan lebih segar dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa kita.

4. Jangan bermain petasan

Bermain petasan tentu juga hal yang tidak baik bagi anda, Bagaimana bisa sehat sedangkan anda kaget sendiri dengan suara petasan yang anda bakar sendiri. Tentu dapat mengganggu kinerja jantung anda dan tetangga yang terkena efek dari kejahilan yang anda lakukan. Bukan hanya itu, Bahaya lain juga siap menanti anda misalnya tangan anda terkena ledakan petasan tentu akan berakibat buruk bagi tangan anda. Nah kalau sudah seperti itu bagaimana anda bisa segar dan bugar dalam menjalankan puasa sedangkan anda terbaring di rumah sakit, Bener tidak...?

5. Mandi 3 kali sehari dan tidak berlebihan

Dengan melakukan mandi tiga kali sehari selama berpuasa akan membuat anda terasa lebih segar dan bugar, Namun mandinya tidak harus berendam dalam waktu yang lama. Karena apabila terlalu lama kemungkinan puasa anda bisa batal nantinya, Karena terlalu banyak mandi nanti air justru masuk kedalam pori-pori kulit kita yang tentu akan membatalkan puasa kita. Mmmm mandinya biasa aja 3 kali sehari sebagaimana kita mandi pada hari-hari biasa saat bulan puasa belum tiba.

6. Memilih makanan bergizi sebagai santap sahur anda

Anda harus selalu memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi memiliki nilai gizi yang cukup sebagai hidangan bersantap sahur agar kebugaran anda dalam menjalankan ibadah puasa selalu terjaga, Jangan terlalu banyak sambal pedas dan gorengan gorengan yang mengandung banyak minyak karena selain mengganggu pencernaan tentu tenggorokan anda juga akan ikut terganggu. Perbanyaklah makanan berupa sayuran hijau, Buah dan sayuran lainnya.

7. Perbanyaklah minum air putih

Dengan meminum banyak air putih selama berbuka dan saat bersantap sahur, Artinya anda telah menjaga diri dari kekurangan cairan yang bisa menyebabkan dehidrasi dalam tubuh anda. Nah..itulah beberapa tips bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadhan yang suci ini dalam artikel yang kami beri judul : 7 Tips agar tetap segar dan bugar selama berpuasa. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi anda dan kita semua " Amin "
Advertisement

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Trimakasih telah berkunjung, Dimohon untuk tidak berkomentar yang bersifat : Mencela, Mencaci, Memfitnah dan Teror. dan menyertakan link hidup untuk promosi. Silahkan baca Disclaimer dan Privacy Policy dari Blogtersukses secara seksama agar komentar anda dapat muncul di blog kami.