Langkah awal dalam membuat sebuah blog

Advertisement
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gimana sih Langkah awal dalam membuat sebuah blog, Kali ini kita bahas dulu blog gratisan yang telah disiapkan oleh Google yaitu dengan menggunakan Blogspot sebagai subdomainnya. Sebenarnya membuat blog itu gampang gampang susah,  Maksudnya karena membuat blog itu terlihat sangat gampang namun pada kenyataan penerapan dalam membuat sebuah blog itu ada kesulitan yang akan ditempuh oleh para penulis blog. Sudah terdapat begitu banyak panduan di internet yang bisa agan gunakan, Namun perasaan selalu kurang puas pasti akan menghampiri kita saat memahami gimana cara kerja blog sebenarnya sedikit demi sedikit. Adapun langkah awal dalam membuat sebuah blog di blogspot yaitu :

1. Menyiapkan Account E-mail

Dimana agan akan membuat sebuah e-mail yang nantinya akan menjadi tulang punggung sebuah blog. Disinilah semua akan dimulai, Kenapa e-mail menjadi tulang punggung..? Iya karena saat memulai dan mengakhiri penulisan suatu blog pasti harus melalui e-mail. Dalam hal ini kita akan memulai membuat e-mail dengan menggunakan layanan Gmail dari Google, Namun agan harus menyiapkan 2 buah email yang nanttinya dapat digunakan oleh pihak Google untuk mengirimkan pasword apabila sewaktu-waktu agan lupa dengan pasword yang udah dibuat sebelumnya. Email lain dapat agan buat menggunakan Yahoo atau layanan lainnya, Setelah ada account e-mail sekarang kita siap untuk memulai petualangan dalam membuat sebuah blog. Untuk memulai menggunakan subdomain Blogspot silahkan daftar Blogger

2. Menentukan Nama Blog yang akan digunakan

Sebelum blog baru dibuat tentu harus menyiapkan nama yang akan kita gunakan untuk membuatnya berbeda dan unik, Seperti blog ane yang dinamakan Blogtersukses he..he " numpang nampang dikit".
Setelah mendapatkan nama yang tepat untuk blog sobat baru deh memulai bikin blognya seperti di langkah no. 1 di atas, Pastikan nama blog sobat itu belum digunakan orang lain dan perlu diingat Nama atau judul blog harus sesuai dengan isi blog sobat nanti ya..." Jangan sampai diberi judul tentang Rumah Eeehhh malah isinya tentang kucing. Akan jadi aneh kan ! setelah Login ke Blogger akan tampil seperti gambar berikut ini :


Selanjutnya agan liat deh tanda yang dikurung diatas, Ada tulisan Blog baru disana. Skarang agan klik aja tanda itu maka akan muncul gambar berikutnya kayak gini :


Kemudian agan tinggal isi deh judul ama nama blognya, Setelah isi judul dan nama blognya sekarang saatnya memilih template. Untuk template biasanya sudah tersedia langsung seperti gambar diatas, Dan kalau agan nggak puas agan bisa download template gratisan untuk blogger yang tersedia banyak di internet, Selanjutnya adalah mulai membuat postingan di blog, Untuk itu perhatikan gambar berikut :


Nah.. yang muncul sekarang adalah blog baru agan, Slanjutnya klik judul blog agan tsb. maka agan akan diarahkan ke ruangan baru dimana agan akan memulai semuanya. Baik itu pembuatan laman, Postingan baru, Edit HTML dan lain lain. Mungkin kepanjangan kali ya... Kalau gitu ane ucapkan selamat mencoba, Mudah mudahan dalam waktu dekat ane bisa posting kelanjutannya. " To be continued " Semoga memberi manfaat bagi sobat blogger yang sedang mencari gimana sih Langkah awal dalam membuat sebuah blog.
Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Trimakasih telah berkunjung, Dimohon untuk tidak berkomentar yang bersifat : Mencela, Mencaci, Memfitnah dan Teror. dan menyertakan link hidup untuk promosi. Silahkan baca Disclaimer dan Privacy Policy dari Blogtersukses secara seksama agar komentar anda dapat muncul di blog kami.