Cara merubah subdomain blogspot menjadi dot com

Advertisement
Cara merubah subdomain blogspot menjadi dot com : Berdasarkan pengalaman yang telah admin jalani beberapa waktu yang lalu, Tepatnya awal bulan juli 2014. Tentang bagaimana Cara merubah subdomain blogspot pada blogger menjadi domain dot com ( . com ), Untuk itu kali ini admin akan membagi tips ini kepada rekan-rekan blogger yang lainnya agar blog kita nantinya akan lebih terlihat profesional dengan penggunaan domain dot com, dot net, dot id, Atau dot dot yang lainnya. Tentu untuk melakukan perubahan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan begitu saja, Ada beberapa proses yang harus anda lalui agar subdomain blogspot sobat berubah menjadi domain berbayar seperti ( dot com ). Mohon perhatikan semua petunjuk serta panduan yang akan admin tuliskan secara hati-hati dan teliti agar anda dapat segera merasakan perubahan seperti yang anda harap-harapkan.

Advertisements :
Ada banyak penjual domain dan hosting yang dapat sobat manfaatkan untuk membuat blog sobat menjadi tampak lebih profesional, Terutama bagi sobat yang aktif di dunia blogger. Hal ini tentu dipandang perlu demi kesuksesan yang mungkin anda raih di masa mendatang, Baik sebagai publisher AdSense maupun bisnis online lainnya dengan memanfaatkan blog gratis seperti yang ada pada Blogger. Admin sendiri hanya membeli domain saja, Sedangkan untuk hosting admin masih pakai blogger yang gratisan biar lebih irit. Walaupun resiko penghapusan artikel mungkin dapat terjadi oleh Google, Saya membeli domain dari jasa penjualan hosting dan domain pada Idwebhost yang berkantor pusat di Jogjakarta. Sebenarnya ada banyak penyedia layanan serupa, Namun admin memilih layanan dari Idwebhost karena tidak ribet dan menggunakan bahasa Indonesia. Jadi kalau terjadi kesalahan tidaklah sulit untuk mendapatkan panduan.

Jika sobat ingin menggunakan layanan ini, Sobat dapat mengunjungi situs resmi mereka Disini. Waktu saya mendaftar harganya masih berkisar 190 ribuan untuk dua tahun kontrak, Kalaupun berbeda mungkin mereka sudah melakukan perubahan harga untuk pembelian domain saja seperti yang saya lakukan. Atau kalau sobat berada di sekitar kawasan Jogjakarta sobat dapat datang langsung menuju alamat kantor pusat mereka, Anda dapat melihat alamat lengkap mereka setelah mengunjungi situs mereka. Karena disana sudah tertera alamat jelasnya. Kalau sobat ingin melihat situs blogspot.com yang telah saya rubah, Anda dapat melihatnya di www.writeforlombok.com. Sebelum dirubah menjadi domain .com dulunya blog ini beralamatkan di http://www.writeforlombok.blogspot.com, Kalau sobat penasaran sobat bisa mengetikkan alamat blogspot tersebut pada browser sobat. Nanti sobat akan melihat sendiri alamat blog tersebut akan di arahkan menuju www.writeforlombok.com.

Ok mari kita langsung saja menuju panduannya biar sobat tidak bingung, Disimak ya..."

A. Persiapan Awal :

Ada beberapa point penting sebelum melakukan perubahan sebdomain blogspot menjadi domain .com, Adapun persiapan yang di perlukan antara lain :

1. Nama Domain  : Ini adalah nama yang akan sobat gunakan sebagai nama domain pribadi .com milik anda nantinya, Misalkan www.contohaja.com maka nama contohaja akan menjadi nama website yang akan sobat pergunakan

2. Hosting  : Hosting ini adalah penyimpan data untuk semua isi situs sobat, Namun kalau sobat ingin menggunakan yang gratisan sobat dapat tetap menggunakan layanan milik blogger seperti punya saya di www.writeforlombok.com

3. Dana    : Ini adalah hal utama yang harus anda punya agar dapat melakukan perubahan subdomain blogspot menjadi .com, Karena ini tidaklah gratis seperti pada blogspot. Untuk meraih kesuksesan memang perlu pengorbanan bukan "! dan ingat koneksi internet dan PC atau laptop haruslah ada he...he...

B. Kemudian selanjutnya adalah proses pendaftaran atau regestrasi domain

1. Periksa ketersediaan domain yang akan anda daftarkan, Masuk ke halaman utama milik Idwebhost.com, Kemudian coba ketikkan nama domain yang akan sobat daftarkan. Kalau anda melihat tulisan Available berarti domain tersebut dapat sobat daftarkan. Kemudian klik pada kolom beli domain saja seperti terlihat pada gamber berikut ini :

2. Mengisi data diri anda : Isilah data yang diminta secara lengkap dan jelas, Setelah semua anda isi selanjutnya anda klik Check Out saja.


3. Tampilan data yang telah anda input, Ada akan diarahkan menuju munculan baru untuk memperlihatkan semua data yang telah anda masukkan sebelumnya. Periksa ulang siapa tau ada yang salah.

4.  Periksa e-mail anda. Informasi jumlah tagihan dan cara mengaktifkan account akan anda terima melalui e-mail yang telah anda daftarkan sebelumnya. Termasuk informasi nomer rekening sebagai tujuan pembayaran untuk alamat domain yang sudah anda daftarkan.


5. Membayar sewa domain,  Setelah menerima informasi rekening tujuan untuk melakukan pembayaran. Kini saatnya anda untuk mentransfer sejumlah uang sesuai kontrak yang anda ambil, Setelah anda mengirimkan pembayaran, Maka segeralah memberitahukan kepada pihak Idwebhost tentang pengiriman yang telah anda lakukan. Jika mereka meminta bukti pengiriman, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran berupa foto, yang akan anda kirimkan melalui e-mail konfirmasi Idwebhost. Anda juga dapat melakukan konfirmasi melalui layanan chat mereka. Layanan chat ini dapat anda akses saat mengunjungi halaman utama situs Idwebhost.

6. Cek kembali e-mail, Setelah sebelumnya anda telah melakukan konfirmasi melalui e-mail atau layanan chat yang disediakan oleh pihak Idwebhost. Maka anda akan segera menerima e-mail pemberitahuan tentang konfirmasi dari pihak mereka bahwa memang benar merka telah menerima pembayaran sejumlah yang anda kirimkan sebelumnya.  Dan anda juga akan diberikan data pelunasan via e-mail, Anda juga akan menerima informasi login untuk akun anda di Idwebhost pada Cpanel berupa username dan pasword.


Setelah semua proses di atas telah selesai, Kini saatnya kita menuju langkah selanjutnya, Yaitu pengaturan atau konfigurasi untuk Blogger dan pada Cpanel di Idwebhost.

C.  Pengaturan atau Konfigurasi di akun Blogger Blogspot

1. Login ke akun Blogger sobat, kemudian masuk dashboard dan pilih menu Setting

2. Kemudian pilih : + Setup a 3rd party URL for your blog

3. Memasukkan alamat domain, Setelah anda memilih +Setup a 3rd pary URL for your blog sekarang anda masukkan alamat domain yang telah anda pesan sebelumnya pada kolom yang muncul kemudian klik Save. Anda akan melihat tampilan error atau warning setelah anda menekan tombol save tadi, Namun biarkan saja " Ini tidak apa-apa". Ini di akbibatkan karena kita belum melakukan konfigurasi pada halaman DNS ( Domain Name Server ) pada Cpanel domain anda, Simpan Cname yang diberikan oleh blogger untuk nanti anda masukkan ke dalam server atau Cpanel pada domain anda. Perhatikan gambar berikut :



D.  Konfigurasi pada Cpanel domain Idwebhost anda

1. Masuk ke dalam Cpanel Idwebhost : http://idwebhost.com/manage kemudian login dengan username dan paword anda.

2. Pilih menu Kelola kemudian pada domain klik kelola domain
3. Pada menu layanan klik pada Name Servers
4. Pada form isian name servers isikan :

Name server 1* : 216.239.32.21
Name server 2* : 216.239.34.21
Name Server     : 216.239.36.21
Name Server     : 216.239.38.21

Kemudian klik Update Name Server


Name servers tergantung dari penyedia jasa layanan domain, Namun admin saat ini menggunakan layanan dari Idwebhost. Apabila sudah ada name servernya secara otomatis, Lewati saja langkah ini.

5. Kita masih berada dalam menu Layanan, Selanjutnya klik Manage DNS

6. Pada menu A Record klik Tambah A Record, Setelah anda mengkilik tambah A Record maka selanjutnya ini form seperti di bawah ini dengan host name dikosongkan saja. 

Kemudian isikan ke empat Name Servers sebelumnya kedalam form secara satu persatu, Yaitu : 216.239.32.21 | 216.239.34.21 | 216.239.36.21 | 216.239.38.21 Saya memberikan angka 14400 untuk nilai TTL, Ulangi selama empat kali. TTL merupakan kependekan dari Time To Live artinya waktu yang digunakan mengarahkan domain blogspot agar bisa diakses menggunakan domain .com. Dalam hal ini saya memberikan angka 14400 yang berarti proses pergantian domain nya berlangsung selama 14400 detik (kurang lebih 4 jam)

7. Sekarang kita menuju ke halaman Cname Record, Kemudian Tambah Cname Record. Masukkan host name dan Cname yang di berikan oleh Blogger sebelumnya, Isikan juga nilai TTL seperti pada langkah sebelumnya yaitu 14400. Perhatikan gambar berikut :




Jika langkah di atas telah selesai anda sudah bisa log out dari Cpanel Idwebhost, Pengaturan DNS telah selesai. Tunggulah beberapa jam agar server dan hosting dapat saling melengkapi. Kini kita kembali menuju halaman Blogger, Kita akan memperbaiki tampilan error pada pengaturan dalam akun Blogspot sebelumnya.

Anda harus mencentang pada kotak kecil yang akan muncul, Kalau kotak kecil yang akan dicentang belum muncul coba untuk merefresh browser sobat. Dengan mencentang kotak tersebut anda akan dapat mengakses domain anda dengan menggunakan www atau tanpa www.


E. Proses Penggantian domain baru anda

Anda akan melihat pesan Server Not Found 1 x 24 jam hingga proses solving ( Pergantian nama domain )selesai, Setelah server domain dari Idwebhost maupun hosting dari blogger dapat saling melengkapi maka blog anda yang sebelumnya beralamatkan contohaja.blogspot.com akan secara otomatis diarahkan menuju domain baru anda yaitu www.contohaja.com. Dan selamat anda telah memiliki sebuah situs yang akan tampak lebih profesional dan tentunya tidak akan kalah bersaing dengan situs besar lainnya dalam hal page rank di Alexa maupun pada hasil pencarian Google.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya tuliskan pada artikel kali ini yang berjudul : Cara merubah subdomain blogspot menjadi dot com, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan blogger yang ingin mengupgrade domain blogspot mereka menjadi .com ( dot com ). Dan sampai berjumpa lagi pada artikel kami berikutnya " Wasalam "

Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Trimakasih telah berkunjung, Dimohon untuk tidak berkomentar yang bersifat : Mencela, Mencaci, Memfitnah dan Teror. dan menyertakan link hidup untuk promosi. Silahkan baca Disclaimer dan Privacy Policy dari Blogtersukses secara seksama agar komentar anda dapat muncul di blog kami.